----- ----- -----

 Selamat Datang di www.tokopas.id
 
Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Toko Pas terkait penggunaan situs www.tokopas.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban pengguna di bawah hukum.
Dengan mendaftar dan/ atau menggunakan situswww.tokopas.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami danmenyetujui semua isi dalam Syarat & Ketentuan. Syarat & Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sahantara Pengguna dengan PT.Toko Pas. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopas.id.

 

      A.     Definisi
      B.    Akun, Saldo TokoPas,Password dan Keamanan
      C.    TokoCash
      D.    Transaksi Pembelian
      E.     Transaksi Penjualan
      F.     Penataan Etalase
      G.    Komisi
      H.    Harga
      I.     Tarif Pengiriman
      J.     Konten
      K.    Jenis Barang
      L.     Gold Merchants dan TopAds
      M.    Kartu Kredit
      N.    Promo
      O.    Pengiriman Barang
      P.     Penarikan Dana
      Q.    Pusat Resolusi
      R.    Ketentuan Lain
      T.    Pelepasan
      U.    Ganti Rugi
      V.    Pilihan Hukum
      W.   Pembaharuan

 




    A.   DEFINISI

         
  1.            PT Toko Pas adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopas.id, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut TokoPas.
  2.         Situs TokoPas adalah www.tokopas.id.
  3.     Syarat & Ketentuan adalah perjanjian antara pengguna dan TokoPas yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak,  kewajiban, tanggungjawab pengguna dan TokoPas, serta tata cara penggunaan sistem layanan TokoPas.

  4.     Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan TokoPas, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke situs TokoPas.

  5.     Pembeli adalah pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas barang yang dijual oleh penjual di situs TokoPas.

  6.     Penjual adalah pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/ atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada parapengguna situs TokoPas.

  7.     Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik barang yang dapat diantar/ memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.

  8.     TokoPas Website Feed adalah fitur pada situs TokoPas yang menampilkan promosi KOL terhadap barang atau penjual tertentu.

  9.     Key Opinion Leaders atau KOL adalah pihak yang mempromosikan barang atau penjual tertentu melalui TokoPas Website Feed.

  10.   Rekening Resmi TokoPas adalah rekening bersama yang disepakati oleh TokoPas dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di situs TokoPas. Rekening resmi TokoPas dapat ditemukan di halaman https://www.tokopas.id/bantuan/nomor-rekening-Tokopas/.

 

    B.     AKUN, SALDO TOKOPAS, PASSWORD DAN KEAMANAN


           1.    Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

           2.    TokoPas tidak memungut biaya pendaftaran kepada pengguna.

           3.    Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai: 

                        -    Pembeli

                        -    Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko.

           4.    Pengguna yang akan bertindak sebagai penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan buka toko. Setelah menggunakan layanan buka toko, pengguna berhak melakukan

                  pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase pribadi pengguna.

                   5.     TokoPas tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & Ketentuan dan/ atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan barang ke gudang, penghapusan barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.

                      6.      TokoPas memiliki kewenangan untuk menutup tokoatau akun pengguna baik sementara maupun permanen apabila di dapati adanyatindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat danKetentuan TokoPas.

                      7.      Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/ataumenggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuanuntuk melakukan manipulasi pada sistem TokoPas, termasuk namun tidak terbataspada: (i) manipulasi data toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii)kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahanproduk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilaisebagai tindakan manipulasi sistem.

                      8.      TokoPas memiliki kewenangan untuk melakukanpenyesuaian jumlah transaksi toko, penyesuaian jumlah reputasi, dan/ataumelakukan proses moderasi/menutup akun pengguna, jika diketahui atau didugaadanya kecurangan oleh pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksipengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi).Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakanakun pribadi atau akun pribadi lainnya.

       

                      9.      TokoPas memiliki kewenangan untuk melakukanpembekuan saldo pengguna TokoPas apabila ditemukan/diduga adanya tindakkecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat danKetentuan TokoPas.

                      10.  Penjual dilarang melakukan duplikasi toko,duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagaiusaha persaingan tidak sehat.

                      11.  Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah namaakun, nama toko dan/atau domain toko pengguna.

                      12.  Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untukmenjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalamakun Pengguna.

                      13.  TokoPas tidak akan meminta username, passwordmaupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun pengguna untuk alasanapapun, oleh karena itu TokoPas menghimbau pengguna agar tidak memberikan datatersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan TokoPasatau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

                      14.  Pengguna setuju untuk memastikan bahwa penggunakeluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu TokoPas jika adapenggunaan tanpa izin atas sandi atau akun pengguna.

                      15.  Pengguna dengan ini menyatakan bahwa TokoPastidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul daripenyalahgunaan akun pengguna.

                      16.  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untukmempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasatelekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada penggunadengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500 ditambah pajak 10% untuk Indosat,Tri, XL, Smartfren, dan Esia; (ii) Rp 200 ditambah pajak 10% untuk Telkomsel.

                      17.  Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau barangsecara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasanproduk yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna lain.

       

      C. TOKOCASH

       

      1.      TokoCash adalah layanan pembayaran yangdisediakan TokoPas untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi online.

      2.      Untuk melakukan aktivasi TokoCash, penggunaharus melakukan verifikasi nomor handphone terlebih dulu.

      3.      Limit maksimum pengisian TokoCash adalahRp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah), sedangkan limit maksimum transaksimenggunakan TokoCash adalah Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) perbulan.

      4.      Nomor handphone yang digunakan pada TokoCashharus sama dengan nomor handphone yang terdaftar di akun Tokopas pengguna.

      5.      Satu nomor handphone yang telah terverifikasihanya bisa digunakan untuk satu akun TokoCash.

      6.      Jika ada transaksi dari TokoPas yang dibatalkan,maka dana akan dikembalikan ke TokoCash pengguna.

      7.      Untuk saat ini, saldo TokoCash belum dapatdiuangkan ataupun dipindahkan ke rekening pribadi. Namun khusus untukpembatalan transaksi yang dananya berasal dari metode pembayaran selainTokoCash, terdapat pilihan untuk memindahkan dana tersebut ke saldo Tokopas.

      8.      TokoPas berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya,melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila ditemukan tindakanmanipulasi/kecurangan, seperti menutup akun, menarik subsidi, menarik cashback,membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, serta hal-hallainnya jika ditemukan indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syaratdan Ketentuan TokoPas dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negaraIndonesia.

       

       

       

      D. TRANSAKSI PEMBELIAN

       

      1.      Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedurtransaksi yang telah ditetapkan oleh TokoPas. Pembeli melakukan pembayarandengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih olehpembeli, dan kemudian TokoPas akan meneruskan dana ke pihak penjual apabilatahapan transaksi jual beli pada sistem TokoPas telah selesai.

      2.      Saat melakukan pembelian barang, pembelimenyetujui bahwa:

      § Pembeli bertanggungjawab untuk membaca,memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan barang (termasukdidalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya)sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.

      § Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dariproduk sebagaimana terlihat di situs TokoPas tergantung pada monitor komputerpembeli. TokoPas telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalamfoto-foto yang ditampilkan di situs TokoPas muncul seakurat mungkin, tetapitidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada situs TokoPas akan akurat.

      § Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikatsecara hukum untuk membeli barang ketika pengguna membeli suatu barang.

      § TokoPas tidak mengalihkan kepemilikan secarahukum atas barang-barang dari penjual kepada pembeli.

      3.      Pembeli memahami dan menyetujui bahwaketersediaan stok barang merupakan tanggung jawab penjual yang menawarkanbarang tersebut. Terkait ketersediaan stok barang dapat berubah sewaktu-waktu,sehingga dalam keadaan stok barang kosong, maka penjual akan menolak order, danpembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada pembeli.

      4.      Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwasegala transaksi yang dilakukan antar pembeli dan penjual selain melaluirekening resmi TokoPas dan/atau tanpa sepengetahuan TokoPas (melaluifasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khususdiluar situs TokoPas atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawabpribadi dari pembeli.

      5.      TokoPas memiliki kewenangan sepenuhnya untukmenolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

      6.      Pembayaran oleh pembeli wajib dilakukan segera(selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah pembeli melakukancheck-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasipembayaran belum dilakukan oleh pembeli, TokoPas memiliki kewenangan untukmembatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atautuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.

      7.      Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajibdisertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama.Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diprosesoleh TokoPas.

      8.      Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukanatau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lainselain TokoPas. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahanbukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh pembeli kepada pihak lain, makahal tersebut akan menjadi tanggung jawab pembeli.

      9.      Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaanbarang, setelah menerima kiriman barang yang dibeli. TokoPas memberikan bataswaktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" padasistem TokoPas, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang. Jikadalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak pembeli,maka dengan demikian pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasipenerimaan barang secara otomatis oleh sistem TokoPas.

      10.  Setelah adanya konfirmasi penerimaan barang ataukonfirmasi penerimaan barang otomatis, maka dana pihak pembeli yang dikirimkanke rekening resmi TokoPas akan dilanjut kirimkan ke pihak penjual (transaksidianggap selesai).

      11.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiapklaim yang di layangkan setelah adanya konfirmasi /konfirmasi otomatispenerimaan barang adalah bukan menjadi tanggung jawab TokoPas. Kerugian yangtimbul setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan barangmenjadi tanggung jawab pembeli secara pribadi.

      12.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiapmasalah pengiriman barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalahmerupakan tanggung jawab dari pembeli.

      13.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalahketerlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan olehperbedaan bank yang pembeli pergunakan dengan bank rekening resmi TokoPasadalah tanggung jawab pembeli secara pribadi.

      14.  Pengembalian dana dari TokoPas kepada pembelihanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

      § Kelebihan pembayaran dari pembeli atas hargabarang,

      § Masalah pengiriman barang telah teridentifikasisecara jelas dari penjual yang mengakibatkan pesanan barang tidak sampai,

      § Penjual tidak bisa menyanggupi order karenakehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,

      § Penjual sudah menyanggupi pengiriman orderbarang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata penjual tidakmengirimkan barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.

      § Penyelesaian permasalahan melalui pusat resolusiberupa keputusan untuk pengembalian dana kepada pembeli atau hasil keputusandari pihak TokoPas.

      15.  Apabila terjadi proses pengembalian dana, makapengembalian akan dilakukan melalui saldo TokoPas milik pengguna yang akanbertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika pengguna menggunakanpilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk padaketentuan bagian M terkait Kartu Kredit.

      16.  TokoPas berwenang mengambil keputusan ataspermasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidakadanya kesepakatan penyelesaian, baik antara penjual dan pembeli,dengan melihatbukti-bukti yang ada. Keputusan TokoPas adalah keputusan akhir yang tidak dapatdiganggu gugat dan mengikat pihak penjual dan pembeli untuk mematuhinya.

      17.  Apabila pembeli memilih menggunakan metodepembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unikuntuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah di verifikasimaka kode unik akan dikembalikan ke saldo TokoPas pembeli.

      18.  Pembeli wajib melakukan pembayaran dengannominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yangtertera pada halaman pembayaran. PT. Toko Pas tidak bertanggung jawab ataskerugian yang dialami pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuaidengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

      19.  TokoPas memiliki kewenangan melakukan perubahanstatus pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada pembaharuanstatus pengiriman dari kurir setelah 10 hari sejak resi di input oleh penjualdan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak pembeli perihal barangpesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, TokoPas memberikan kesempatan kepada pihak pembeli untuk melakukan (i)konfirmasi penerimaan barang atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 haritersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplain apapun daripembeli, maka TokoPas memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi danmeneruskan dana kepada penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukankewajibannya mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman.Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuanpengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.

      20.  Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwainvoice yang diterbitkan adalah atas nama penjual.

       

      E. TRANSAKSI PENJUALAN

       

      1.      Penjual dilarang memanipulasi harga barangdengan tujuan apapun.

      2.      Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagangbarang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan "JenisBarang".

      3.      Penjual wajib memberikan foto dan informasiproduk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yangdijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produkyang di unggah oleh penjual dengan produk yang diterima oleh pembeli, makaTokoPas berhak membatalkan/menahan dana transaksi.

      4.      Dalam menggunakan fasilitas "JudulProduk",  "Foto Produk","Catatan"dan "Deskripsi Produk", penjual dilarang membuatperaturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturanperundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbataspada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang),(iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi,(v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkoskirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secarasepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsiproduk dengan Syarat &Ketentuan TokoPas, maka peraturan yang berlaku adalahSyarat & Ketentuan TokoPas.

      5.      Penjual wajib memberikan balasan untuk menerimaatau menolak pesanan barang pihak pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitungsejak adanya notifikasi pesanan barang dari TokoPas.Jika dalam batas waktutersebut tidak ada balasan dari penjual maka secara otomatis pesanan dianggapdibatalkan.

      6.      Penjual wajib memasukan nomor resi pengirimanbarang dalam batas waktu 4 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/liburNasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan barang dari TokoPas. Jikadalam batas waktu tersebut pihak penjual tidak memasukan nomor resi pengirimanbarang maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika penjual tetapmengirimkan barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimanadijelaskan diatas, maka penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkanuntuk kemudian penjual dapat melakukan penarikan barang pada kurir tempatbarang dikirimkan.

      7.      Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaranatas harga barang dan ongkos kirim (diluar biaya transfer / administrasi) akandikembalikan sepenuhnya ke pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atautransaksi tidak berhasil dan/atau ketentuan lain yang diatur dalam Syarat &Ketentuan Poin D. 14.

      8.      Dalam keadaan penjual hanya dapat memenuhisebagian dari jumlah barang yang dipesan oleh pembeli, maka penjual wajibmemberikan keterangan kepada TokoPas sebelum menerima pesanan dimaksud. Pembelimemiliki kewenangan penuh untuk menyetujui melanjutkan transaksi/membatalkantransaksi dan penjual dilarang melanjutkan transaksi tanpa mendapat persetujuandari pembeli. Apabila telah disetujui ulang oleh pembeli sesuai dengan jumlahpesanan yang disanggupi oleh penjual,maka selisih dana total harga barang akandikembalikan kepada pihak pembeli. Namun apabila penjual tetap melanjutkantransaksi tersebut tanpa persetujuan dari pembeli, maka penjual menyetujuibahwa hal ini akan menjadi tanggung jawab penjual sepenuhnya (termasuk namuntidak terbatas pada pengembalian ongkos kirim kepada pembeli).

      9.      TokoPas memiliki kewenangan untuk menahanpembayaran dana di rekening resmi TokoPas sampai waktu yang tidak ditentukanapabila terdapat permasalahan dan klaim dari pihak pembeli terkait prosespengiriman dan kualitas barang. Pembayaran baru akan dilanjut kirimkan kepadapenjual apabila permasalahan tersebut telah selesai dan/atau barang telahditerima oleh pembeli.

      10.  TokoPas berwenang untuk membatalkan dan/ataumenahan dana transaksi dalam hal: (i) Nomor resi kurir pengiriman barang yangdiberikan oleh penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengantransaksi yang terjadi di situs TokoPas; (ii) Penjual mengirimkan barangmelalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengansitus TokoPas; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidakjelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasitransaksi.

      11.  Penjual memahami dan menyetujui bahwa pajakpenghasilan penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masingpenjual sesuai dengan ketentuan pajak dan perundang-undangan yang berlaku diIndonesia.

      12.  TokoPas berwenang mengambil keputusan ataspermasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidakadanyakesepakatan penyelesaian, baik antara penjual dan pembeli, dengan melihatbukti-bukti yang ada. Keputusan TokoPas adalah keputusan akhir yang tidak dapatdiganggu gugat dan mengikat pihak penjual dan pembeli untuk mematuhinya.

      13.  Apabila disepakati oleh penjual dan pembeli,penggunaan jasa logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan(dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarifpengiriman awal).

      14.  TokoPas berwenang memotong kelebihan tarifpengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihantarif pengiriman kepada pembeli.

      15.  Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwainvoice yang diterbitkan adalah atas nama penjual.

       

      F. PENATAAN ETALASE

       

      1.      Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasukdan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untukberiklan atau melakukan promosi kehalaman situs lain diluar situs TokoPas.

      2.      Penjual dilarang memberikan data kontak pribadidengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calonPembeli.

      3.      Penjual dilarang memberikan keterangan(informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar dari pada keterangan tokodan/atau Barang yang bersangkutan.

      4.      Penamaan Barang harus dilakukan sesuai denganinformasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Penggunatidak diperkenankan untuk mencantumkan nama dan/atau kata yang tidak berkaitandengan Barang tersebut.

      5.      Penamaan Barang dan informasi produk harussesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankanmencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.

      6.      Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yangmemiliki ukuran dan harga yang berbeda.

      7.      Penjual tidak diperkenankan memperdagangkanjasa, atau Barang non-fisik.

      8.      TokoPas memiliki kewenangan mengambil-alihsub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan,dan/atau pemilik merek dagang resmi(sesuai denganDaftar Merek di Indonesia)dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakanmereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.

       

      9.      TokoPas memiliki kewenangan untuk mengubah namadan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internalTokoPas.

       

      G. KOMISI

       

      1.      Hingga saat ini, TokoPas belum memberlakukansistem komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui Rekening ResmiTokoPas.

      2.      Apabila dikemudian hari akan diberlakukan sistemkomisi dalam transaksi melalui Rekening Resmi TokoPas, maka akan dilakukansosialisasi terlebih dahulu jangka waktu selambat-lambatnya 1 (satu) pekansebelum sistem komisi dinyatakan berlaku oleh TokoPas.

       

      H. HARGA

       

      1.      Harga Barang yang terdapat dalam situs TokoPasadalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi hargabarang dengan cara apapun.

      2.      Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahanketerangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinyahalaman situs TokoPas dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalahtanggung jawab Pembeli.

      3.      Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahanketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidakbenar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perludiingat dalam hal ini, apabilaterjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja,Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.

      4.      Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiapmasalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antaraPenjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab TokoPas.

      5.      Dengan melakukan pemesanan melalui TokoPas,Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkansebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang,ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secarategas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaranmelalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.

      6.      Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yangdapat ditawarkan, dengan nilai berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh TokoPas.

      7.      Situs TokoPas untuk saat ini hanya melayanitransaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.

       

      I. TARIF PENGIRIMAN

       

      Pembeli memahami dan mengerti bahwa TokoPas telahmelakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengirimankepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun TokoPas tidak dapatmenjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.

       

      Karena itu TokoPas menyarankan kepada Penjual untukmencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan TokoPas, agar dapat dibandingkandengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan,mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact usdengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agardapat kami telusuri lebih lanjut.

       

      Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisihbiaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab TokoPas, dan oleh karenaitu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukanpengiriman Barang.

       

      J. KONTEN

       

      1.      Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layananTokoPas, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata,komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi,merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, atau hal-hallain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. TokoPasberhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini,antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain.

      2.      Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambarBarang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.

      3.      Penguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwapenyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawabPengguna secara pribadi.

      4.      Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakanfoto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukanpromosi ke situs-situs lain diluar Situs TokoPas, atau memberikan data kontakpribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calonpembeli.

      5.      Ketika Pengguna menggungah ke Situs TokoPasdengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan TokoPas haknon-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan,bebas royalti, disublisensikan (melalui beberapa tingkatan) hak untukmelaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basisdata dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, dimediamanapun yang dikenal sekarang atau dimasa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnyadiizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanjiuntuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap TokoPas.

      6.      Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hakkekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs TokoPas.Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaranhak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs TokoPas.

      7.      TokoPas menyediakan fitur "DiskusiProduk" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihalBarang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebutuntuk tujuan dengan cara apapun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk didalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya /terus menerus secara berkala (flooding / spam).

      8.      Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasiyang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selaluakurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan memintaTokoPas bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkintermasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.

      9.      Konten atau materi yang akan ditampilkan atauditayangkan pada Situs TokoPas melalui TokoPas Website Feed akan tunduk padaKetentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.

      10.  KOL bertanggungjawab terhadap konten atau materiyang ditampilkan melalui program TokoPas Website Feed.

      11.  TokoPas berhak untuk sewaktu-waktu menurunkankonten atau materi yang terdapat pada TokoPas Website Feed yang dianggapmelanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etikapariwara yang berlaku.

       

      K. JENIS BARANG

       

      Berikut ini adalah daftar jenis Barang yangdilarang untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs TokoPas:

      §  Segalajenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasiperedarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidakterbatas padaketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, danUndang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini ialah obat keras,obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obatyang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

      §  Kosmetikdan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yangtidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obatdan Makanan (BPOM).

      §  Bahanyang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan MenteriPerdagangan yang berlaku.

      §  JenisProduk tertentu yang wajib memiliki:

      ·        a. SNI;

      ·        b. Petunjuk penggunaan dalam BahasaIndonesia; atau

      ·        c. Label dalam Bahasa Indonesia.

      §  Sementara yang diperjualbelikan tidakmencantumkan hal-hal tersebut.

      §  Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupunperedarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

      §  Media berbentuk CD/DVD/VCD, atau media rekamlain yang bertentangan dengan undang-undang hakcipta. Termasuk di dalamnyaadalah yang memuat film, musik, permainan, atau perangkat lunak bajakan.

      §  Barang dewasa penunjang kegiatan seksualtermasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks,pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi)yang diizinkan untuk diperjual belikan oleh peraturan hukum yang berlaku.

      §  Minuman beralkohol.

      §  Iklan.

      §  Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruhnegatif terhadap pemakaian situs ini.

      §  Pakaian dalam bekas.

      §  Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dansegala macam senjata.

      §  Dokumen pemerintahan dan perjalanan.

      §  Seragam pemerintahan.

      §  Bagian/Organ manusia.

      §  Mailing list dan informasi pribadi.

      §  Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentuatau dapat merendahkan martabat orang lain.

      §  Pestisida.

      §  Atribut kepolisian.

      §  Barang hasil tindak pencurian.

      §  Pembuka kunci dan segala aksesori penunjangtindakan perampokan/pencurian.

      §  Barang yang dapat danatau mudah meledak, menyalaatau terbakar sendiri.

      §  Barang cetakan/rekamanyang isinya dapatmengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.

      §  Hewan.

      §  Uang tunai.

      §  Materai.

      §  Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/ataualat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi

      §  Perlengkapan dan peralatan judi.

      §  Jimat-jimat, benda-benda yang diklaimberkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.

      §  Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yanghanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan lansung oleh penjual resmidan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.

      §  Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkanmelalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (i)telepon, (ii) listrik, (iii) game, (iv) credit digital.

      §  Tiket Kereta Api.

      §  Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl,Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya.

      §  Segala jenis Baranglain yang bertentangan denganperaturan pengiriman Barang Indonesia.

      §  Barang-Barang lain yang melanggar ketentuanhukum yang berlaku diIndonesia.

       

      L. GOLD MERCHANTS DAN TOP ADS

       

      1.      Pengguna dapat mendaftarkan diri sebagai GoldMerchant, yakni fitur berbayar yang memungkinkan Pengguna untuk mendapatkanfasilitas ekslusif yang hanya diperuntukan bagi Pengguna Gold Merchant dantidak didapatkan oleh Pengguna Reguler, antara lain berupa: (i) status dansimbol "Gold Badge"; (ii) fasilitas TopAds, statistik toko, admintoko, sampul halaman toko dan fasilitas lainnya yang secara detail dapatdilihat di halaman https://gold.tokopas.id

      2.      Status, simbol, logo, nama atau hal-hal lainnyayang terkait dengan Gold Merchant sepenuhnya merupakan kewenangan TokoPas danhanya diberikan oleh pihak TokoPas kepada Pelanggan Gold Merchant. Penggunatidak diperkenankan untuk meniru atau menggunakan hal-hal tersebut pada NamaToko, Deskripsi Toko, Nama Produk, Foto Produk, dan lain sebagainya.

      3.      Dalam menggunakan fitur TopAds, Penggunamemahami dan menyetujui bahwa setiap iklan yang Pengguna unggah di situsTokoPas adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi dan melepaskan TokoPasdari segala permasalahan yang mungkin timbul dari padanya.

      4.      TokoPas tanpa pemberitahuan terlebih dahulukepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan penghapusan atassetiap konten iklan yang melanggar Syarat & Ketentuan TokoPas dan/atauhukum yang berlaku.

      5.      TokoPas berwenang untuk melakukan (i)penghapusan iklan; (ii) penutupan toko; (iii) penutupan akun; dalam hal didugadan/atau terdapat kegiatan Pengguna yang melanggar ketentuan hukum dan/atausyarat ketentuan TokoPas. Dengan demikian, Pengguna memahami dan menyetujuibahwa setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan tersebut diatas bukanlahtanggung jawab TokoPas, termasuk namun tidak terbatas pada (i) kehilangan saldoTopAds, (ii) kehilanganakun Gold Merchant tanpa dikembalikan biayaberlangganan.

       

      M. KARTU KREDIT

       

      1.      Pengguna dapat memilih untuk mempergunakanpilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelianbarang melalui Situs TokoPas.

      2.      Transaksi pembelian barang dengan menggunakankartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai totalbelanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh riburupiah) hingga maksimal Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk transaksi marketplace dan/ataudigital, transaksi dapat dilakukan hingga Rp500.000.000,-(lima ratusjutaRupiah) khusus untuk pembelian produk mobil pada OfficialStore.

      3.      Transaksi pembelian barang dengan menggunakankartu kredit wajib mengikuti Syarat dan Ketentuan yang diatur oleh TokoPas danmempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan SitusTokoPas.

      4.      Pengguna dilarang untuk mempergunakan metodepembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.

      5.      Apabila terdapat transaksi pembelian barangdengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syaratketentuan TokoPas, maka TokoPas berwenang untuk:

      § menahan dana transaksi selama diperlukan olehTokoPas, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukaninvestigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 hari;

      § melakukan pemotongan dana sebesar 15% (limabelas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidisehubungan penggunaan kartu kredit.

      6.      TokoPas akan menghentikan kerjasama denganPenjual yang melakukan tindakan yang dapat merugikan prinsipal, penerbit,acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesektunai (cash withdrawal transaction).

      7.      Apabila transaksi pembelian tidak berhasildan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dandana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihanberikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelianbarang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atauSyarat & Ketentuan TokoPas.

      8.      Kartu kredit yang dapat digunakan untukbertransaksi di TokoPas hanya kartu kredit yang diterbitkan di Indonesia.

      9.      Transaksi menggunakan metode pembayaran KartuKredit akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1,5% dari total biaya yangharus dibayarkan. Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yangmenggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya administrasi tersebut akandikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagiantransaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartukredit dibatalkan, makabiaya administrasi tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.

      10.  Pembayaran yang menggunakan program cicilan 0%akan mengikuti ketentuan yang terdapat pada halamanhttps://www.tokopas.id/bantuan/217202526-cicilan/

       

      N. PROMO

       

      1.      TokoPas sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatanpromosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yangmungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untukmembaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.

      2.      Apabila terdapat transaksi Promo yangmempergunakan metode pembayaran kartu kredit yang melanggar Syarat danKetentuan TokoPas, maka akan merujuk pada Syarat dan Ketentuan Poin M. KartuKredit.

      3.      TokoPas berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya,melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas padamenarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Tokopoints, pencabutanPromo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkanreputasi toko, menutuptoko atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi,penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi,pelanggaran maupunpemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecuranganatau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan TokoPas dan ketentuan hukumyang berlaku di wilayah negara Indonesia.

      4.      Dalam hal diadakannya Promo Gratis/PotonganOngkos Kirim:

      §  Jikaterdapat selisih antara berat Barang pada deskripsi produk dengan berat Barangyang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkoskirim yang diberikan akan merujuk kepada berat Barang pada data pihak kurir/logistik;

      §  Penjualyang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakanresi pengiriman valid. Penjual yang menggunakan resi pengiriman invalid tidakberhak untuk mendapatkan subsidi ongkos kirim; dan/atau

      §  Jika(i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis olehsistem TokoPas, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan diPusat Resolusi, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai danapembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidiongkos kirim.

      5.      Setiap Promo TokoPas tidak berlaku untuk untukpenggunaan resi yang diinput lebih dari 1(satu) kali, jika ditemukanpenginputan resi sebanyak 2 (dua) kali, manfaat promo hanya akan diberikan padatransaksi yang dibentuk oleh pembeli pertama. Benefit promo tidak dapatditeruskan pada transaksi dropshipper (pembelikedua).

      6.      Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akunTokoPas untuk mengikuti setiap promo TokoPas. Jika ditemukan pembuatan lebihdari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama dan/atau nomor handphoneyang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atauidentitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, makaPengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo TokoPas.

       

      O.PENGIRIMAN BARANG

       

      1.      Pengiriman Barang dalam sistem TokoPas wajibmenggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekananTokoPas yang dipilih oleh Pembeli.

      2.      Penjual dilarang memberlakukan promosi / sistembebas ongkos kirim pada setiap Barang yang dijual di dalam Situs TokoPas.

      3.      Setiap ketentuan berkenaan dengan prosespengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyediajasa layanan pengirimanBarang.

      4.      Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkanoleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiapBarang yang dikirimkan.

      5.      Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiappermasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasalayanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layananpengiriman.

      6.      Dalam hal diperlukan untuk dilakukan prosespengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkanuntuk melakukan pengiriman barang langsungke masing-masing Pembeli maupun Penjual.TokoPas tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yangdilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.

      7.      Pengguna dapat memilih untuk mempergunakanpilihan metode pengiriman barang GO-SEND untuk transaksi pembelian barang melaluiSitus TokoPas dengan ketentuan sebagai berikut dibawah ini:

      a.      Biaya ongkos kirim GO-SEND yang tertera padahalaman keranjang belanja adalah total biaya pengiriman barang, maka Penjualdan/atau Pembeli tidak perlu membayarkan biaya tambahan lain selain dari totalbiaya tersebut.

      b.      Biaya ongkos kirim GO-SEND tersebut diatas telahmeliputi (i) biaya jasa petugas kurir GO-SEND dan (ii) biaya parkir kendaraanpetugas kurir GO-SEND.

      c.      Pengguna memahami dan menyetujui bahwa biayatambahan lain yang diberikan langsung oleh Pengguna kepada petugas kurirGO-SEND tanpa melalui sistem pembayaran TokoPas merupakan beban dan tanggungjawab pribadi Pengguna.

      d.      Setelah Pembeli melakukan proses pembayaran,Pembeli dilarang meminta kepada driver GO-SEND untuk mengirim barang denganalamat pengiriman lain yang tidak sesuai dengan yang tercantum dikolom alamatatau invoice pada transaksi pembelian. Perubahan alamat pengiriman hanya dapatdilakukan sebelum Pembeli melakukan proses pembayaran.

      e.      Pengguna dapat mengadukan pelayanan petugaskurir GO-SEND melalui nomor Call Center GO-SEND (021) 50552220.

      f.       Dalam hal terjadi kendala dalam prosespengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli danPenjual dapat melaporkan ke pihak TokoPas paling lambat 3x24 jam sejak waktupengiriman untuk dilakukan proses investigasi.

       

      P. PENARIKAN DANA

       

      1.      Penarikan dana sesama bank akan diproses dalamwaktu 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diprosesdalam waktu 2x24 jam hari kerja.

      2.      Untuk penarikan dana dengan tujuan nomorrekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yangdibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.

      3.      Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaranterhadap Syarat dan Ketentuan TokoPas, kecurangan, manipulasi atau kejahatan,Pengguna memahami dan menyetujui bahwa TokoPas berhak melakukan tindakanpemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/ataupembatalan terhadap penarikan danayang dilakukan oleh Pengguna.

      4.      Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikandana sebagaimana dimaksud dalam poin 3 dapat dilakukan dalam jangka waktuselama yang diperlukan oleh pihak TokoPas.

       

      Q. PUSAT RESOLUSI

       

      1.      Pusat Resolusi adalah fitur yang disediakan olehTokoPas untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.

      2.      Fitur ini akan secara otomatis menahan danapembayaran barang ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan kePusat Resolusi selesai.

      3.      Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjualdiharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli berupa foto barang, notapembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapatmenjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masingpihak.

      4.      Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusidapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antaraPembeli dan Penjual.

      5.      Jika Penjual tidak memberikan jawaban setelahlebih dari 3 hari, maka pembeli memiliki hak untuk menghubungi pihak TokoPas,yakni melalui tombol "Bantuan" yang akan muncul pada halaman PusatResolusi.

      6.      Jika dalam jangka waktu 3 hari tidak ditemukankesepakatan bersama, maka Pembeli dan Penjual memiliki hak yang sama untukminta bantuan pihak TokoPas, yakni melalui tombol "Bantuan" yang akanmuncul pada halaman Pusat Resolusi.

      7.      Dengan menggunakan tombol bantuan untukmenghubungi TokoPas, maka sesuai dengan Syarat & Ketentuan TokoPas poin D16dan E11, Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa, TokoPas berwenanguntuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-buktiyang ada dan/atau bukti-buktibaru yang harus dilengkapi oleh masing-masingpihak.

      8.      TokoPas berwenang untuk melakukan mediasidan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi PusatResolusi, meskipun salah satu pihak (penjual atau pembeli) belum menekan tombolbantuan, dalam hal: (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalamjalannya transaksi, yakni antara lain kurir pengiriman yang memberikaninformasi terkait status terkinidari resi pengiriman paket; (ii) Bukti daripembeli dan/atau penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (emailTokoPas, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Pusat Resolusidengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu pihakdisebabkan adanya kelalaian penjual atau pembeli; (iv) Salah satu pihak(penjual atau pembeli) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v)Kondisi tertentu yang menyebabkan TokoPas perlu segera melakukan mediasi.

      9.      Atas keputusan pertama TokoPas diatas, baikPembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihakyang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar daribukti-bukti sebelumnya.

      10.  Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwaKeputusan TokoPas atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapatdiganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

      11.  Pengguna memahami bahwa Pusat Resolusi tidakberlaku untuk produk pakaian dalam bekas, kendala yang berkaitan dengan rasa,aroma dan/atau tekstur produk, dan semua produk dalam daftar jenis barang yangdilarang diperjual-belikan di TokoPas seperti yang ada dihalaman Syarat danKetentuan.

      12.  Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujuibahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Resolusi, Pembeli dan Penjual wajibmemberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhiketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak TokoPas padadiskusi terkait.

      13.  Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujuibahwa penanggungan ongkos kirim yang timbul selama proses penyelesaian kendalapada Pusat Resolusi didasarkan oleh bukti-buktidan/atau kesepakatan yangdiberikan oleh kedua belah pihak. Apabila Pembelidan/atau Penjual tidakbersedia untuk menanggung ongkos kirim tersebut, maka TokoPas berwenangmemberikan keputusan penanggungan ongkos kirim berdasarkan perkembangan diskusidan bukti yang ada.

      14.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelahadanya kesepakatan untuk pengiriman Barang kembali kepada Penjual, apabiladalam waktu maksimal 3 hari kerja (tidaktermasuk harilibur nasional, sabtu danminggu) terhitung setelah Penjual memberikan alamat, didapati bahwa tidak adapengiriman Barang kembali dari Pembeli, maka TokoPas berwenang untuk mengambilkeputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.

      15.  Penjual memahami dan menyetujui bahwa pengirimanBarang pengganti untuk Pembeli dapat dilakukan maksimal 3 hari kerja (tidaktermasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung sejak terdapat statuspengiriman dari kurir logistik bahwa Barang yang dikembalikan oleh Pembelisudah diterima oleh Penjual. Apabila didapati bahwa Penjual tidak memenuhiketentuan ini, maka TokoPas berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkanperkembangan diskusi dan bukti yang ada.

      16.  Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujuibahwa batas waktu untuk pemberian bukti (termasuk apabila dibutuhkan alamatpengembalian barang) ialah maksimal 3 hari terhitung sejak TokoPas melakukanpermintaan bukti kepada Pembeli atau Penjual atas transaksi terkait.

      17.  Tata caramenggunakan Pusat Resolusi selengkapnyadapat dilihat pada Halaman Bantuan Pusat Resolusi.

       

      R. KETENTUAN LAIN

       

      1.      Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yangtersedia dalam situs TokoPas  makaPengguna dengan ini menyatakan memahamidan menyetujui segala syaratdanketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut dibawahini, yakni:

      a.      Penggunaan fitur pemesanan dan pembeliantiketkereta api melalui situs TokoPas akan diatur lebih lanjut dalam ketentuanberikut

      2.      Segala hal yang belum dan/atau tidak diaturdalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnyamerujuk pada syarat dan ketentuan TokoPas secara umum.

       

       

       

       

       

      S. PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNGJAWAB

       

      TokoPas adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yangmenyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembelidi website TokoPas. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksiantar member TokoPas, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawabTokoPas secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

       

      TokoPas selalu berupaya untuk menjaga LayananTokoPas aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjaminoperasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna.Informasi dan data dalam situs TokoPas memiliki kemungkinan tidak terjadisecara realtime.

       

      Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan LayananTokoPas atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan TokoPas diberikan kepada Andapada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan"SEBAGAIMANA TERSEDIA".

       

      Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TokoPas(termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggungjawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut TokoPas bertanggung jawab, atassegala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnyauang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yangdiakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

      §  Penggunaanatau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan TokoPas.

      §  Harga,Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan TokoPas.

      §  Keterlambatanatau gangguan dalam Layanan TokoPas.

      §  Kelalaiandan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.

      §  KualitasBarang.

      §  PengirimanBarang.

      §  PelanggaranHak atas Kekayaan Intelektual.

      §  Perselisihanantar pengguna.

      §  Pencemarannama baik pihak lain.

      §  Setiappenyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.

      §  Kerugianakibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening ResmiTokoPas, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan TokoPas ataupun kelalaianpenulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.

      §  Pengirimanuntuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapatmembawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartugaransi dan faktur pembelian.

      §  Virusatau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selainfitur Gold Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, ataumenghubungkan kelayanan TokoPas.

      §  Gangguan,bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan TokoPas.

      §  Kerusakanpada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan TokoPas.

      §  Isi,tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait denganProduk yang ada dalam situs TokoPas yang diduga palsu.

      §  Tindakpenegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.

      §  Adanyatindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.

       

       

       

       

       

      T. PELEPASAN

       

      Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu ataulebih pengguna, Anda melepaskan TokoPas (termasuk Induk Perusahaan, Direktur,dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dantersirat) darisetiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yangtimbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut.Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindunganhukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yangakan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

       

      U. GANTI RUGI

       

      Pengguna akan melepaskan TokoPas dari tuntutanganti rugi dan menjaga TokoPas (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dankaryawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar,yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggarPerjanjian ini, penggunaan Layanan TokoPas yang tidak semestinya dan/ ataupelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

       

      V. PILIHAN HUKUM

       

      Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkansesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturanhukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkintimbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungandengan situsdan/atauPerjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalamyurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

       

      W. PEMBAHARUAN

       

      Syarat & ketentuan mungkin di ubah dan/ataudiperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. TokoPasmenyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat &Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengantetap mengakses dan menggunakan layanan TokoPas, maka pengguna dianggapmenyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

       

      Syarat & Ketentuan Dana BantuanSukarela

       

      Syarat dan ketentuan dalam halaman ini mengikatpara Pengunjung dan Pengguna situs TokoPas (www.tokopas.id) yang akan melakukanbantuan dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh manajemenTokoPas. Dengan mengunjungi dan/atau menggunakan situs TokoPas, maka baik Pengunjungmaupun Pengguna dinyatakan telah memahami dan menyepakati semua isi dalamsyarat dan ketentuan di bawah ini :

      1. Dalam hal Pengguna situs TokoPas akan memberikan dana bantuan sukarela ("Pemberi Bantuan"), Pemberi Bantuan wajib memberikan data dan informasi dengan benar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku serta tidak menyesatkan dan/atau palsu;
      2. Pemberi bantuan bersedia menginformasikan identitas secara jelas sebagai bentuk transparansi atau keterbukaan informasi dalam proses pemberian dana bantuan sukarela untuk membantu kegiatan kampanye Prabowo-Sandi.
      3. Dana bantuan yang diberikan pada kegiatan pengumpulan dana bantuan sukarela dalam situs TokoPas bukan dari hasil pencucian uang dan/atau berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum .
      4. Dana bantuan yang masuk ke TokoPas akan dicatat sebagai bantuan sukarela yang kemudian disalurkan oleh TokoPas ke penerima bantuan kemudian penerima bantuan akan langsung menyalurkan dana bantuan sukarela tersebut untuk membantu kampanye Prabowo-Sandi; (hal ini sesuai dengan pembahasan pada pertemuan terakhir dimana dalam situs TokoPas dalam beberapa bulan kedepan hanya fokus untuk melakukan pengumpulan dana untuk membantu kampanye Prabowo-Sandi)
      5. Pemberi Bantuan setuju dan sepakat bahwa nilai bantuan tersebut akan dikurangi dengan biaya-biaya yang timbul dalam hal, Pemberi Bantuan meminta supaya bantuan dibuat menjadi bentuk barang-barang/merchandise tertentu.
      6. Pemberi Bantuan setuju dan sepakat untuk memberikan hak sepenuhnya kepada Penerima Bantuan, bertindak untuk dan atas nama Pemberi Bantuan, untuk melakukan segala hal yang diperlukan sehubungan dengan pelaksanaan pemberian dana bantuan sukarela, termasuk melakukan korespondensi maupun menandatangani setiap dokumen yang diperlukan, seperti surat-surat, formulir, maupun perjanjian-perjanjian, serta hadir atau menghadap instansi yang berwenang, maupun pejabat publik lainnya.
      7. Pemberi Bantuan menyatakan bahwa bantuan yang dilakukan atas dasar sukarela dan tidak bersifat mengikat yang diberikan untuk membantu kampanye Prabowo-Sandi.
      8. Pemberi Bantuan menyatakan percaya sepenuhnya perihal penggunaan dana bantuan sukarela tersebut kepada TokoPas dan Penerima Bantuan serta melepaskan haknya untuk mempermasalahkan secara hukum penggunaan dana bantuan sukarela tersebut di kemudian hari.

       

      Umum

       

      Situs TokoPas (www.tokopas.id) adalah situs yang dikelolaoleh manajemen TokoPas yang menyediakan jasa secara online untuk berbagaibentuk kegiatan pengumpulan dana bantuan sukarela, sesuai dengan peraturan danketentuan yang berlaku di Indonesia. Untuk jasa ini, TokoPas mengenakan biayaadministrasi sebesar 5% (lima persen) dari setiap dana bantuan sukarela yangterkumpul, kecuali untuk kategori bantuan bencana alam yang diinisiasi oleh organisasiterverifikasi dan lembaga resmi ditetapkan 0%. Pertanyaan lainnya tentang situsTokoPas dapat dibaca di FAQ.

       

      Kewajiban Pengguna SitusTokoPas.

       

      1.      Wajib menyatakan diri sebagai seseorang yangcakap di mata hukum sehingga dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan yangmerupakan kelalaian dan/atau pelanggaran atas syarat dan ketentuan penggunaan situsTokoPas;

      2.      Dalam hal Pengguna situs TokoPas akan memberikandana bantuan sukarela (“Pemberi Bantuan”),Pemberi Bantuan wajib memberikan data dan informasi dengan benar sesuai denganperaturan dan ketentuan yang berlaku serta tidak menyesatkan dan/atau palsu;

      3.      Pemberi bantuan bersedia menginformasikanidentitas secara jelas sebagai bentuk transparansi atau keterbukaan informasidalam proses pemberian dana bantuan sukarela untuk membantu kegiatan kampanyePrabowo-Sandi.

      4.      Pemberi Bantuan dilarang memberikan dan/atau menyuruhpihak lain untuk memberikan data atau informasi yang tidak benar, sertamemalsukan data atau keterangan pihak lain;

      5.      Pemberi Bantuan dilarang melakukan dan/ataumenyuruh pihak lain untuk melakukan tindakan apapun yang dapat menyebabkanpelanggaran terhadap sebagian atau seluruh hak kekayaaan intelektual daripengelola situs maupun Pengguna situs lainnya.

      6.      Pemberi Bantuan dilarang melakukan dan/ataumenyuruh pihak lain untuk melakukan tindakan apapun yang dapat merusak,mengganggu, atau membatasi sistem pada situs TokoPas.

      7.      Pemberi Bantuan dilarang melakukan dan/ataumenyuruh pihak lain untuk melakukan tindakan apapun yang bertentangan denganhukum, melanggar kesusilaan, maupun melanggar hak pengelola maupun hak pihakPengguna Situs lainnya;

       

      Syarat dan Ketentuan Pemberi Bantuan

       

      Pemberi Bantuan yang mendukung dan sepakat untuk berpartisipasidalam kegiatan pengumpulan dana bantuan sukarela, berkewajiban untuk:

       

      1.      Wajib mencermati dan memahami segala informasimengenai maksud dari kegiatan pengumpulan dana bantuan sukarela yang dimuat didalam situs TokoPas;

      2.      Tidak memberikan informasi tambahan yang palsudan/atau menyesatkan pada segala halaman, tautan, dan berbagai bentuk medialainnya terkait dengan kegiatan pengumpulan dana bantuan sukarela di situs TokoPas;

      3.      Sepakat untuk tidak mempermasalahkan dan/ataumenuntut secara hukum pihak Pengelola situs TokoPas atas dana bantuan sukarela yangditerima oleh Penerima Bantuan;

      4.      Dana bantuan yang diberikan pada kegiatanpengumpulan dana bantuan sukarela dalam situs TokoPas bukan dari hasil pencucianuang dan/atau berasal dari sumber yang tidak sah secara hukum;

      5.      Dana bantuan yang masuk ke TokoPas akan dicatatsebagai bantuan sukarela yang kemudian disalurkan oleh TokoPas ke penerimabantuan kemudian penerima bantuan akan langsung menyalurkan dana bantuansukarela tersebut untuk membantu kampanye Prabowo-Sandi;

      6.      Dana bantuan sukarela yang dimasukkan melaluifitur top up dompet di TokoPas hanyabisa didonasikan dan tidak dapat dicairkan kembali;

      7.      Pemberi Bantuan setuju dan sepakat bahwa untukjasa online pengumpulan dana bantuan sukarela ini, TokoPas mengenakan biayaadministrasi sebesar 5% (lima persen) dari setiap dana bantuan sukarela yangterkumpul, sebagaimana telah disebutkan pada syarat dan ketentuan umum diatas;

      8.      Pemberi Bantuan setuju dan sepakat bahwa nilaibantuan tersebut akan dikurangi dengan biaya-biaya yang timbul dalam hal,Pemberi Bantuan meminta supaya bantuan dibuat menjadi bentukbarang-barang/merchandise tertentu.

      9.      Pemberi Bantuan setuju dan sepakat untuk memberikanhak sepenuhnya kepada Penerima Bantuan, bertindak untuk dan atas nama Pemberi Bantuan,untuk melakukan segala hal yang diperlukan sehubungan dengan pelaksanaan pemberiandana bantuan sukarela, termasuk melakukan korespondensi maupun menandatanganisetiap dokumen yang diperlukan, seperti surat-surat, formulir, maupun perjanjian-perjanjian,serta hadir atau menghadap instansi yang berwenang, maupun pejabat publik lainnya.

       

      Syarat dan Ketentuan Penerima Bantuan

       

      Pengguna situs TokoPas sebagai penerima danabantuan sukarela dari kegiatan pengumpulan dana bantuan (“Penerima Bantuan”), harusmemenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

       

      1.      Dana bantuan sukarela yang diperoleh Penerima Bantuandari TokoPas dan/atau bentuk pengumpulan dana bantuan lain yang dilakukan pengelolasitus TokoPas akan dipotong oleh pengelola situs TokoPas sebesar 5% (limapersen) sebagai biaya administrasi, kecuali kategori dana bantuan bencana alamyang diinisiasi oleh organisasi terverifikasi dan lembaga resmi ditetapkan 0%(nolpersen);

      2.      Dana bantuan sukarela yang diterima akan masukke fitur dompet Penerima Bantuan di situs TokoPas max 3x24 jam sejak danabantuan diterima;

      3.      Dana bantuan sukarela yang ada di fitur dompet PenerimaBantuan di situs TokoPas , sepenuhnya menjadi hak dan tanggung jawab dari PenerimaBantuan ;

      4.      Setiap proses pencairan dana bantuan sukarela akandikenakan biaya administrasi dari mitra pencairan (disbursement) TokoPas.

      5.      Pengelola situs TokoPas akan memfasilitasiberbagai bentuk bantuan yang disalurkan melalui situs TokoPas, dimana dana bantuanselanjutnya akan disalurkan kepada Penerima Bantuan.

      6.      Dalam hal terdapat biaya  pajak dan/atau retribusi dan/atau pungutanlain yang timbul terkait dana bantuan yang diberikan, maka Pengelola situsTokoPas akan menetapkan biaya tambahan sesuai dengan ketentuan  yang berlaku;

       

       

      Syarat dan Ketentuan Khusus

       

      Pemberi Bantuan setuju dan sepakat untuk menunjuk PenerimaBantuan, yang bertindak untuk dan atas nama Pemberi Bantuan, untuk melakukanhal-hal sebagai berikut:

       

      1.      Untuk membantu menjadi fasilitator Pengguna situsTokoPas lain yang ingin memberikan bantuan sukarela dan/atau menyampaikan informasi;

      2.      Untuk menyimpan sementara dana bantuan yangtelah diterima dari Pemberi Bantuan untuk kemudian menyalurkan dana bantuansukarela tersebut untuk membantu kampanye Prabowo-Sandi;

      3.      Dalam hal terdapat perjanjian kerjasama khususantara Penerima Bantuan dengan pengelola situs TokoPas, maka pengelola situsTokoPas akan bertindak sebagaimana yang telah diperjanjikan dalam perjanjiantersebut;

      4.      Penerima Bantuan berhak menolak/menunda penyalurandana bantuan sukarela apabila belum mendapatkan data-data yang lengkap dariPemberi Bantuan;

      5.      Pemberi Bantuan setuju dan sepakat untukmenunjuk Penerima Bantuan, bertindak untuk dan atas nama Pemberi Bantuan untukmelakukan segala hal yang diperlukan sehubungan dengan pelaksanaan pemberiandana bantuan sukarela, termasuk melakukan korespondensi maupun menandatanganisetiap dokumen yang diperlukan, seperti surat-surat, formulir maupunperjanjian-perjanjian serta hadir atau menghadap instansi yang berwenang,maupun pejabat publik lainnya.

      6.      Pemberi Bantuan menyatakan bahwa bantuan yangdilakukan atas dasar sukarela dan tidak bersifat mengikat yang diberikan untukmembantu kampanye Prabowo-Sandi.

      7.      Pemberi Bantuan menyatakan percaya sepenuhnyaperihal penggunaan dana bantuan sukarela tersebut kepada TokoPas dan Penerima Bantuanserta melepaskan haknya untuk mempermasalahkan secara hukum penggunaan dana bantuansukarela tersebut di kemudian hari.