----- ----- -----

Galang Dana Survey Nasional


Campaigner :

Komunitas Emak-Emak Indonesia


Cerita singkat:

Setelah media massa dinobatkan sebagai pilar keempat demokrasi, survei opini publik tampil menjadi pilar kelima demokrasi. Pentingnya survei tersebut adalah tidak hanya bisa memotret peta politik dan perilaku pemilih, tapi sekaligus dia dapat dipergunakan sebagai sarana untuk mempengaruhi opini publik.

Pengalaman Indonesia menunjukkan hal tersebut, yang ditandai dengan maraknya penggunaan survei menjelang kontestasi demokrasi di era refromasi. Disatu sisi fenomena tersebut patut disambut secara positif, namun disisi lain lantaran survei juga dapat dipergunakan sebagai sarana untuk mempengaruhi opini publik, maka para kontestan tak segan memanfaatkannya untuk kepentingan politik. Walau dengan cara melabrak prinsip obyektifitas yang dijunjung tinggi dalam pelaksanaan survei.

Berangkat dari hal tersebut, dan dalam rangka menghadapi Pemilihan Presiden – Wakil Presiden RI pada 17 April 2019, kami berinisiatif untuk melakukan kampanye penggalangan dana untuk melaksanakan survei nasional. Program ini kami gulirkan dengan maksud agar kita mendapatkan data secara obyektif, sekaligus bermakna kita melakukan proses pendidikan politik yang baik kepada warga negara.

Setelah dana berhasil dihimpun, kami akan menunjuk sebuah lembaga survei yang memiliki track record positif, untuk melaksanakan survei nasional tersebut. Harapannya, kita kelak mendapatkan second opinion atas hasil survei nasional di tengah-tengah kecenderungan lembaga survei lain mempublikasikan hasil survei yang melabrak prinsip obyektifitas.

Rp 38.500

0.00385% total bantuan dari 100%


0.00385% total donasi dari 100%

Target Bantuan : Rp 1.000.000.000

  105 hari lagi

Jumlah Bantuan ( 1 )

-- Oktakun

Rp 10.000

2018-12-16 13:52:40

Jumlah Bantuan ( 2 )

-- sodara

Rp 25.000

2018-12-17 10:18:29

-- sodara

Rp 3.500

2018-12-17 01:42:44